DON’T JUDGE A BUILDING BY ITS APPEREANCE

Bagian dari suatu negeri yang paling dicintai Allah adalah masjid-masjidnya, dan bagian dari suatu negeri yang paling dibenci Allah adalah pasar-pasarnya (HR Muslim)

Imam Nawawi berkata : “Bagian dari suatu negeri yang paling dicintai Allah adalah masjid-masjidnya, karena masjid merupakan rumah ketaatan dan pondasi dasarnya adalah ketakwaan. Bagian dari suatu negeri yang paling dibenci Allah adalah pasar-pasarnya, sebab pasar adalah tempat berbuat kecurangan , tipu daya, sumpah palsu, pengingkaran janji, penghalangan dari zikir pada Allah dan sebagainya (Syarhun Nawawi ala Shahih Muslim)

Imam Qurthubi berkata: “Bagian dari suatu negeri yang paling dicintai Allah adalah masjid-masjidnya, yakni rumah, atau tempat di suatu negeri yang paling disukai Allah. Yang demikian itu karena mesjid merupakan tempat yang dikhususkan untuk beribadah, berdzikir, berkumpulnya orang-orang Mukmin, penampakan symbol-simbol agama, dan hadirnya para Malaikat. Sedangkan pasar merupakan tempat yang paling dibenci oleh Allah karena ia merupakan tempat khusus untuk mengejar duniawi dan berbagai kesenangan manusia, yang menghalangi mereka dari dzikir pada Allah, dan karena merupakan tempat sumpah palsu, sekaligus menjadi medan pertempuran bagi syaitan, disana pula syaitan menjunjung tinggi panjinya” (Al Mufhim Limaa Asykala min Talkhishi Shahiih Muslim)

Mesjid, bagaimanapun bentuknya, apapun disebut namanya, baik itu musholla, surau, langgar, sedoyong apapun bangunannya, akan tetap menjadi tempat yang dicintai Allah. Pasar, sebagus apapun bentuknya, semodern apapun namanya, baik itu Mall, Supermarket, Plaza, Supermall, atau apapun itu, akan tetap menjadi tempat yang dibenci Allah. Tidaklah kemegahan arsitektur, mahalnya biaya pembangunan, otomatis membuat suatu tempat menjadi mulia di sisi Allah. Wallahua’lam.

(Tulisan ini terinspirasi dari perkataan seorang ustadz di mushola dekat rumah)

Maraji’ :

–          Ensiklopedia Shalat, karangan DR. Said Ali Wahf Al Qahthani, terbitan Pustaka Imam Syafi’I via Books.google

Sile juga merujuk ke https://daholi4tengku.wordpress.com/2010/08/23/sesungguhnya-dia-menyambutmu-dengan-berseri-seri/

Tags: , ,

About qivi

No body's perfect, I'm No body, so I'm perfect...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: