PERBANDINGAN ANTARA IFRS DENGAN PSAK

Konvergensi PSAK menuju IFRS merupakan salah satu isu dunia akuntansi yang paling hangat dan paling sering dibicarakan saat ini. Hampir seluruh ahli akuntansi dunia telah ijma’ (bersepakat) akan penggunaan standar internasional IFRS ini. Dan Indonesia pun tidak ketinggalan. Proses konvergensi kiblat PSAK yang tadinya kepada US GAAP menjadi kepada IFRS telah berlangsung sejak 2008, dan kelak akan diimplementasikan di tahun 2012.

Efek dari konvergensi ini sangatlah besar. Mau tak mau, dapat dikatakan kita harus belajar lagi dari awal, dimulai dari conceptual framework,financial statement component, dan seterusnya. Setidak tidaknya, terminologi unsur laporan keuangan yang telah mengalami perubahan nama tentu harus diketahui oleh orang yang sedang belajar akuntansi. Efek konvergensi ini juga berimbas pada dunia perpajakan, meskipun saya juga gak ngerti ngerti amat, apa lah yang akan dipengaruhi dengan konvergensi ini. Namun demikian, dalam tulisan nanti akan saya upayakan penjelasan yang sikit-sikit, namun gak ecek-ecek tentang pengaruh IFRS pada aspek perpajakan.

Tulisan perbandingan IFRS dengan PSAK ini menggunakan perbandingan dengan SAK tahun 2007. Walau sdikit out of date, dan berhubung aq ga punya PSAK yg baru, paling gak tulisannya jadi studi historis lah. Hehehe. Btw, penulis sangat banyak mengambil faedah dan manfaat dari buku Marisi P Purba berjudul IFRS Konvergensi dan Kendala Aplikasinya di Indonesia terbitan Graha Ilmu. Buku ini sangat bermanfaat dalam membuka pikiran ttg konvergensi IFRS. Benar benar saya rekomendasikan untuk dibaca. Sayangnya gak kenal ama yang ngarang, padahal saya mw haturkan ucapan mauliate godang di pasahat hami tu Bang Marisi. Sekalian juga faedah2 lainnya saya dapatkan dari publikasi KPMG, Deloite, Blognya bu dwi martani (dosen UI), dan blog yohanes handoko (peneliti IAI).

Silahkan klik link di bawah ini.. Selamat membaca bagi yang berkenan…

PERBANDINGAN ANTARA IFRS DENGAN PSAK

Smg bermanfaat… Klo ada kritik dan saran terkait tulisan silahkan dilayangkan pada diriku yang ganteng setengah mati ini…

Tags: , , , , , , , , , , ,

About qivi

No body's perfect, I'm No body, so I'm perfect...

5 responses to “PERBANDINGAN ANTARA IFRS DENGAN PSAK”

  1. 4n1ef says :

    wah bagus vi blognya… serasa dikasi pelajaran lagi ma qivi waktu mau ujian dulu.

  2. Handoko says :

    Wuaow, blogger juga ternyata. Hehehehe, Pak Marisi itu kalau tidak salah sekarang ada di tim IFRSnya Telkom. Buku hitamnya itu menurut saya sekarang sudah tidak relevan lagi. Karena dalam kurun waktu 2010-2011 ini DSAK sudah melakukan banyak lagi perubahan yang didukung juga oleh Bapepam, DJP, dan regulator lain. Jadi kalau menurut saya, buku hitam Pak Marisi itu tinggalkan saja. Hehehehe…

    Salam akuntansi,

    • qivi says :

      Iya sih mas, tp blm nemu yg mirip2 kyk gitu n sdh diupdate.. Manatw mas bs buat yg macem2 gitu, atw ada buku yg bs direkomendasikan?, Hehehehe.. Btw, di lembar pdf yang kubuat itu, aq liat jg Eksposure draft psak yg baru, kan disana ada tu dibuat yg berbeda dari IFRS apa aja. ..

      • Handoko says :

        Memang belum ada sih buku yang kaya gitu itu… Kalau perbandingan IFRS & PSAK mendingan ambil dari buatanya KAP2 aja, kaya PWC, Delloitte. Mereka publish di web mereka biasanya. Tapi pdf itu ide bagus juga tu. Keliatannya anda sedang bersemnagat tinggi dalam hal ini nih..
        Maju terus!!! d -___0

        Salam,

  3. edward says :

    jd loporan keuangan yang dr PSAK ke IFRS bentuknya seperti apa itu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: